Bagaimana melakukan Promosi E-Bisnis


Promosi

  • Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen atau pembeli untuk membeli atau mengkonsumsi.
  • Promosi diharapkan produsen atau distributor bisa menaikkan angka penjualan produk yang mereka miliki

Tujuan Promosi

  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Membedakan serta menyampaikan keunggulan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen

Cara Promosi

  • Melalui E-Mail
  • Sort Message Service (SMS)
  • Seminar atau diskusi
  • Iklan
  • Media Sosial
  • Website resmi usaha atau perusahaan

Karakter Konsumen 

  • Gender dan Umur
  • Status Perkawinan
  • Tingkatan Pendidikan
  • Etnicity
  • Jabatan
  • Pendapatan Rumah Tangga
  • Kepribadian
  • Gaya Hidup

Ciri Konsumen saat ini

  • Memiliki memori jangka pendek atau istilah lainnya emosional
  • Kurang memiliki perencanaan

Kegiatan promosi sangat dipengaruhi siapa calon dan gaya konsumen di Pasaran


Gaya Promosi di Dunia Digital

  • Holographic TV (YouTube)
  • 3D Home printers
  • direct brain to computer link

Teknik Promosi Digital

  1. Web Forum
  2. Situs Jejaring Sosial
  3. Newslater Feed, RSS Feed
  4. Menggunakan Fasilitas website PPC
  5. SEO
  6. Adwords
  7. Banner
  8. Backlink
  9. Memanfaatkan layanan google lainnya