Bagaimana melakukan Promosi E-Bisnis
Daftar Isi
Promosi
- Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen atau pembeli untuk membeli atau mengkonsumsi.
- Promosi diharapkan produsen atau distributor bisa menaikkan angka penjualan produk yang mereka miliki
Tujuan Promosi
- Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
- Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
- Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
- Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
- Membedakan serta menyampaikan keunggulan produk dibanding produk pesaing
- Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
- Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Cara Promosi
- Melalui E-Mail
- Sort Message Service (SMS)
- Seminar atau diskusi
- Iklan
- Media Sosial
- Website resmi usaha atau perusahaan
Karakter Konsumen
- Gender dan Umur
- Status Perkawinan
- Tingkatan Pendidikan
- Etnicity
- Jabatan
- Pendapatan Rumah Tangga
- Kepribadian
- Gaya Hidup
Ciri Konsumen saat ini
- Memiliki memori jangka pendek atau istilah lainnya emosional
- Kurang memiliki perencanaan
Kegiatan promosi sangat dipengaruhi siapa calon dan gaya konsumen di Pasaran
Gaya Promosi di Dunia Digital
- Holographic TV (YouTube)
- 3D Home printers
- direct brain to computer link
Teknik Promosi Digital
- Web Forum
- Situs Jejaring Sosial
- Newslater Feed, RSS Feed
- Menggunakan Fasilitas website PPC
- SEO
- Adwords
- Banner
- Backlink
- Memanfaatkan layanan google lainnya