Kenapa Toko Online Indonesia
Kenapa Toko Online Indonesia
Pada hari Rabu sepatu yang dibeli online datang dan segera digunakan, ternyata sepatunya rusak di bagian resleting yang tidak nampak saat dibuka dari kotak sepatu.
Sepertinya penjual tidak melakukan kontrol kualitas dalam menseleksi sepatu yang dijual, mungkin beranggapan konsumen akan menerima saja atau disuruh membaca pedoman pengembalian barang yang pastinya konsumen akan terpaksa menerima risiko bahwa barang yang sudah dipakai tidak bisa dikembalikan.
Saya tidak jelas apakah ini kelalaian tanpa kontrol barang yang akan dikirim atau memang sengaja (modus) yang mencoreng toko online di Indonesia, padahal saya beli dari toko online yang menyediakan barang original (pasti dengan kontrol kualitas barang saat barang akan dikirim), namun ternyata tidak melakukan kontrol terhadap produk yang akan dikirim, dan saat di klaim atas barang nya cukup menyatakan baca pedoman pengembalian barang.
Tidak perlu beli online di toko online Indonesia itu akhir dari saya, beli offline saja karena attitude penjual tidak sama dengan toko online Luar Negeri yang cenderung memastikan kontrol barang yang akan dikirim sehingga dipastikan konsumen menerima pesanan mereka tanpa cacat baik diketahui sebelum digunakan bahkan memastikan pembeli puas saat menggunakan barang yang dibeli online saat pertama kalinya mereka menggunakan.
Kenapa Toko online di Indonesia harus ada yang seperti itu?, apakah ini juga yang menjadi kajian kenapa Toko online tidak berkembang di Indonesia? karena cenderung ada oknum penjual yang memanfaatkan kelemahan sistem penjualan online.
Mungkinkah toko online harus di Audit?, untuk memastikan perlindungan terhadap konsumen yang menggunakan jasa online, mungkin diperlukan penelitian yang komprehensif yang hasilnya memberikan peningkatan pelayanan penjual online kearah yang lebih hati-hati dalam memastikan produk yang mereka kirim dengan melakukan kontrol barang yang akan dikirim sekaligus memastikan pembeli berhak atas kepastian barang yang mereka terima sesuai dengan komitmen pembayaran yang mereka keluarkan.
Semoga toko online terus tumbuh dengan fokus memberikan layanan terbaik nya khususnya lagi menjamin hak pembeli, dan calon pembeli lebih hati-hati dalam mengambil keputusan membeli produk online dan tidak harus menerima risiko produk yang dibeli baru saja digunakan pertama kalinya sudah tidak bisa digunakan karena cacat atau rusak yang tidak diketahui.
Semoga menjadi renungan yang membawa ke arah yang lebih baik.