Strategi Dalam E-Business


Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. (MIT Press, Cambridge, Ma.)

Strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam bisnisnya.

Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.

Tingkatan Strategi

  • Tingkat Korporasi; Strategi perusahaan yang memiliki saham (ownership) beberapa perusahaan lain.
  • Tingkat Multi Divisi; Merupakan strategi yang terjadi pada tingkat divisi atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.
  • Tingkat Fungsional; Optimalisasi produktivitas sumber daya dalam memberikan nilai (value) terbaik untuk kebutuhan pelanggan(customers)
  • Tingkat Operasional; Merupakan strategi yang menjalankan implementasi dari operasional operasional perusahaan

Manajemen Strategi

Manajemen strategi merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan.

Karakteristik Manajemen Strategi

  1. Berorientasi masa depan
  2. Berhubungan dengan unit bisnis yang kompleks
  3. Kebutuhan dan kejelasan tugas sangat tinggi seiring perubahan yang terjadi, kadang batas batas tugas menjadi tidak jelas
  4. Proses yang dijalankan tidak terpisah dari aktivitas manajerial lainnya
  5. Ada target waktu yang jelas
  6. Memerlukan perhatian khusus pada manajemen puncak

Manfaat Manajemen Strategi

  1. Pemahaman yang lebih jelas atas visi strategi perusahaan.
  2. Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara strategis memang penting.
  3. Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan lingkungan perusahaan yang lebih cepat.

Merumuskan Strategi

  1. Menentukan visi dan misi
  2. mengembangkan profile perusahaan
  3. Pengenalan Produk
  4. Analisis Kekuatan
  5. Mengidentifikasi beberapa pilihan
  6. Memilih pilihan yang tepat
  7. Sasaran jangka panjang
  8. Memperhatikan pentingnya operasionalisasi
  9. Sumber daya manusia
  10. Teknologi
  11. Bentuk, tipe, dan struktur organisasi
  12. Menciptakan suatu sistem pengawasan
  13. Penilaian terhadap sistem
  14. Menciptakan umpan balik

Tahapan Strategi

  • Perumusan Strategi :Pengembangan rencana jangka panjang untuk manejemen efektif dari kesempatan dan ancaman lingkungan, dilihat dari kelemahan perusahaan
  • Implementasi Strategi :Proses dimana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakan memalui pengembangan program, anggaran, dan prosedur
  • Evaluasi dan Pengendalian :Proses melalui aktivitasaktivitas perusahaan dan hasil kinerja serta dimonitor kemudian kinerja sesungguhnya dibandingkan dengan kinerja yang diinginkan

Analisis Eksternal

  • Lingkungan eksternal : Terdiri dari variabel variabel (kesempatan dan ancaman) yang berada di luar organisasi dan tidak secara khusus ada dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak.
  • Lingkungan Kerja : Terdiri dari elemen-elemen atau atau kelompok yang secara langsung berpengaruh atau dipengaruhi oleh operasi-operasi utama organisasi.
  • Lingkungan Sosial : Terdiri dari kekuatan umum kekuatan itu tidak berhubungan langsung dengan aktivitas-aktivitas jangka pendek organisasi tetapi dapat dan sering mempengaruhi keputusan keputusan jangka panjang.

Analisis Internal

  • Struktur: Sebuah cara bagaimana perusahaan diorganisasikan yang berkenaan dengan komunikasi, wewenang serta arus kerja.
  • Budaya: Pola keyakinan, pengharapan dan nilai-nilai yang dibagikan oleh anggota organisasi atau perusahaan.
  • Sumber Daya : Asset yang merupakan bahan baku bagi produksi barang dan jasa organisasi

Beberapa Issu Penting

  • Teknologi hanya memegang peranan lebih kurang 1/3 bagian saja.
  • Perusahaan e-Business harus memperhatikan 2/3 bagian lainnya; organisasi, SDM, relasi, sistem manajerial dan strategi yang akan diterapkan.
  • Peroalan e-Business bukan sekedar penerapan TI dalam sistem bisnis tradisional, tapi juga perubahan yang bergulir bersamanya.

Perilaku Konsumen

  • Keingintahuan terhadap perkembangan atau trend baru
  • Keinginan untuk melakukan perbandingan
  • Keinginan untuk meneliti
  • Keinginan untuk menggunakan teknologi dalam memperoleh informasi produk dan melakukan transaksi secara efektif

Perilaku Konsumen dalam E-Bisnis

  • Pola Belanja; dari pergi ke pasar tradisional menuju komputer
  • Pola Pemilihan Barang; dari memegang produk menjadi melihat katalog elektronik
  • Pola Transaksi; dari pola 'ada uang ada barang' menjadi 'ada uang barang dikirim'
  • Pola Konsumsi; produk dibeli tidak dapat langsung dikonsumsi
  • Pola Perolehan Barang; khususnya barang berwujud, harus melalui perantara.
  • Pola Pembayaran; dari tunai, kini harus melalui kartu kredit, uang digital, atau cek elektronik, dimana ada keterlibatan pihak ketiga.
  • Pola Komunikasi; seolah kesempatan untuk membina persahabatan itu hilang.

Sikap Konsumen E-Bisnis

  • Kritis terhadap penawaran-penawaran produk
  • Sensitif terhadap harga
  • Sensitif terhadap kualitas
  • Menuntut jaminan atau garansi atas produk
  • Menuntut teknik penyajian halaman web yang secara kognitif


Strategi E-Bisnis

Beberapa kutipan makalah Fandy Tjiptono (2000) yang berjudul Elektronik Commerce: Three Emerging Strategies tentang Model Pembentukan e-Market.
  • Seler controlled electronic marketplace
  • Buyer controlled electronic marketplace
  • Neural electronic marketplace

Strategi untuk menghadapi kompetisi

  • Cost Leadership Strategy
  • Differentiation Strategy
  • Focus Strategy
  • Growth Strategy
  • Alliance Strategy
  • Inovation Strategy
  • Internal efficiency Strategy
  • Customer Oriented Strategy

Strategi Memperkenalkan Situs

  • Online Promoting
  • E-Mail optimizing
  • Putting on search engine; meletakkan Uniform Resource Location (URL) dari situs di berbagai Search Engine.
  • Build an impressive website
  • Link-cooperation
  • Offline Promoting
  • Tabloid-Magazine
  • Journal
  • Newspaper
  • Billboard, etc.

Strategi perusahaan sangat dipengaruhi oleh strategi bisnis itu sendiri.  Namun dalam e-bussiness strategi-strategi bisnis tersebut sangat dipengaruhi serta dapat dikembangkan dengan adanya penggunaan dan pemanfaatan IT.