Business to Business (B2B)
Business to Business (B2B)
Definisi
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar.
Konsep B2B
Transaksi bisnis dijalankan melalui internet, extranet, intranet atau jaringan intern perusahaan, juga dikenal sebagai eB2B (elektronic B2B)Karakteristik B2B
- Trading Partner : Pertukaran informasi hanya berlangsung diantara mereka dan karena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan
- Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berskala dengan format data yang telah disepakati. Jadi service yang dipergunakan antar kedua sistem tersebut sama dan menggunakan standar yang sama pula
- Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk mengirimkan data
- Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
B2B Exchange
Gagasan dasar dari B2B Exchange adalah membuat lebih mempermudah suatu perusahaan untuk temukan barang-barang yang mereka perlukan, bertransaksi secara lengkap, dan untuk menyimpan uang sampai ada barang-barang yang diperjual atau dibelikan dengan skala besar.Klasifikasi B2B Exchange
- Systematic Sourcing
- Pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang hubungan antar supplier dengan pembeli.
- Spot Sourcing
- Pembelian tidak direncanakan, dibuat seperti kebutuhan.
Vertical Exchange
Suatu pertukaran yang anggotanya adalah di (dalam) [satu/orang] industri atau industri segmen.
Horizontal Exchange
Suatu pertukaran yang menangani material menukar tambah beberapa industri berbeda.
Pembayaran dilakukan melalui bank atau secara online.
Suatu pertukaran yang menangani material menukar tambah beberapa industri berbeda.
Aktifitas B2B
Market Intelliegence- Mengumpulkan dan informasi lengkap mengenai produk yang akan dibeli atau jasa yang akan digunakan.
- Mulai dari spesifikasi, servis, kualitas dan kuantitasnya.
- Menyiapkan proposal pembelian (RFP: Request for Proposal)
- Mencari tahu permintaan kuantitas/quota (RFQ: Request for Quotation)
- Menyediakan spesifikasi
- Negosiasi
- Menyiapkan Pemesanan (Ordering).
- Persetujuan Pengiriman (Deliveries).
- Persetujuan Pemesanan (Acknowledgement)
- Menginformasikan jadwal pengiriman barang.
- Mendapatkan faktur penerimaan barang.
Pembayaran dilakukan melalui bank atau secara online.
B2B Marketplace
- One to Many; Pasar yang dikelola oleh suatu perusahaan (supplier) yang menyediakan dari mulai katalog penawaran produk dan harganya
- Many to One; Pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan (supplier) untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender.
- Some to Many; Gabungan dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk ditawarkan ke banyak pembeli
- Many to Some; Perusahaan-perusahaan yang menggabungkan katalog pembelian mereka untuk menarik perusahaan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
- Many to Many; Pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan (supplier) dan banyak perusahaan pembeli yang memungkinkan untuk terjadinya proses lelang yang dinamis.
Contoh Web B2B
- Pure Play (B2B Online Murni)
- Electronic Market : iMark.com
- Web Malls : www2.mallpark.com
- Web Hosting : www.earthink.com, www.masterwebnet.com
- Clik and Mortar (Partial B2B)
- Supplier's Web : covisint.com
- Promotion : sap.com
- Logistics : ec.ups.com
- After Sales : cisco.com