Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM)


Adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise) untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan

Adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu menggunakan telepon, email, chat, komentar di web atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing.



Adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan




Sasaran utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan pelanggan

Pentingnya CRM

  • Karena tingkat persaingan global antar perusahaan
  • Fakta bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang sudah ada
  • Tren bisnis saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita
  • Banyaknya konsumen yang menginginkan pelayanan purna jual

Pengguna CRM

Bisa dari perusahaan / bidang usaha berskala kecil sampai ke perusahaan berskala besar.