Business to Business (B2B)


Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar.

Konsep B2B

Transaksi bisnis dijalankan melalui internet, extranet, intranet atau jaringan intern perusahaan, atau dikenal dengan istilah e-B2B (electronic B2B).

Karakteristik B2B

  • Trading Partner : Pertukaran informasi hanya berlangsung diantara mereka dan karena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
  • Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berskala dengan format data yang telah disepakati.  Jadi service yang dipergunakan antar kedua sistem tersebut sama dan menggunakan standar yang sama pula.
  • Salah satu pelaku tidak harus menunggu partner mereka lainnya untuk mengirimkan data.
  • Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.  

B2B Exchange

Gagasan dasar dari B2B Exchange adalah membuat lebih mempermudah suatu perusahaan untuk temukan barang-barang yang mereka perlukan, bertransaksi secara lengkap, dan untuk menyimpan uang sampai ada barang-barang yang diperjual atau belikan dengan skala besar.

Klasifikasi B2B Exchange

  • Systematic Sourcing; pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang hubungan antar supplier dengan pembeli.
  • Spot Sourcing; pembelian tidak direncanakan, dibuat seperti kebutuhan.
  • Vertical Exchange; suatu pertukaran yang anggotanya adalah di (dalam) [satu / orang] industri atau industri segmen.
  • Horizontal Exchange; suatu pertukaran yang menangani material menukar tambah beberapa industri berbeda.