Beberapa Issu Penting dalam Strategi e-Business

Beberapa Issu Penting dalam Strategi e-Bisnis


Issu e-Bisnis

  • Teknologi hanya memegang peranan leih kurang 1/3 bagian saja. 
  • Perusahaa e-business harus memperhatikan 2/3 bagian lainnya; organisasi, SDM, relasi, sistem manajerial dan strategi yang akan diterapkan. 
  • Persoalan e-business bukan sekedar penerapan TI dalam sistem bisnis tradisional, tapi juga perubahan yang bergulir bersamanya.


Perilaku Konsumen secara umum terhadap e-Bisnis

  • Keingintahuan terhadap perkembangan atau trend baru 
  • Keinginan untuk melakukan perbandingan 
  • Keinginan untuk meneliti 
  • Keinginan untuk menggunakan teknologi dalam memperoleh informasi produk dan melakukan transaksi secara efektif

Perilaku Konsumen dalam e-Biz

Perubahan Pola

  • Belanja; dari pergi ke pasar tradisional menuju komputer
  • Pemilihan Barang; dari memegang produk menjadi melihat katalog elektronik
  • Transaksi; dari pola 'ada uang ada barang' menjadi 'ada uang barang dikirim'
  • Konsumsi; produk dibeli tidak dapat langsung dikonsumsi.
  • Perolehan Barang; khususnya barang berwujud, harus melalui perantara
  • Pembayaran; dari tunai, kini harus melalui kartu kredit, uang digital, atau cek elektronik, dimana ada keterlibatan pihak ketiga.
  • Komunikasi; seolah kesempatan untuk membina persahabatan itu "hilang".


Sikap Konsumen pada e-Bisnis

  • Kritis terhadap penawaran-penawaran produk
  • Sensitif terhadap harga
  • Sensitif terhadap kualitas
  • Menuntut jaminan atau garansi atas produk
  • Menuntut teknik penyajian halaman web yang kognitif