Beberapa Issu Penting dalam Strategi e-Business
Beberapa Issu Penting dalam Strategi e-Bisnis
Issu e-Bisnis
- Teknologi hanya memegang peranan leih kurang 1/3 bagian saja.
- Perusahaa e-business harus memperhatikan 2/3 bagian lainnya; organisasi, SDM, relasi, sistem manajerial dan strategi yang akan diterapkan.
- Persoalan e-business bukan sekedar penerapan TI dalam sistem bisnis tradisional, tapi juga perubahan yang bergulir bersamanya.
Perilaku Konsumen secara umum terhadap e-Bisnis
- Keingintahuan terhadap perkembangan atau trend baru
- Keinginan untuk melakukan perbandingan
- Keinginan untuk meneliti
- Keinginan untuk menggunakan teknologi dalam memperoleh informasi produk dan melakukan transaksi secara efektif
Perilaku Konsumen dalam e-Biz
Perubahan Pola
- Belanja; dari pergi ke pasar tradisional menuju komputer
- Pemilihan Barang; dari memegang produk menjadi melihat katalog elektronik
- Transaksi; dari pola 'ada uang ada barang' menjadi 'ada uang barang dikirim'
- Konsumsi; produk dibeli tidak dapat langsung dikonsumsi.
- Perolehan Barang; khususnya barang berwujud, harus melalui perantara
- Pembayaran; dari tunai, kini harus melalui kartu kredit, uang digital, atau cek elektronik, dimana ada keterlibatan pihak ketiga.
- Komunikasi; seolah kesempatan untuk membina persahabatan itu "hilang".
Baca Juga
Sikap Konsumen pada e-Bisnis
- Kritis terhadap penawaran-penawaran produk
- Sensitif terhadap harga
- Sensitif terhadap kualitas
- Menuntut jaminan atau garansi atas produk
- Menuntut teknik penyajian halaman web yang kognitif